SPOOL

10:31 PM

Dulu waktu belajar pegang mesin jahit, masih buta total tentang alat-alatnya.

Saya bantu bahas dari mula ya.. tapi maaf kalau fotonya kurang OK.. :)

Untuk yang pertama saya bahas cara masukkan atau gulung benang di spul.

Spul, Spool atau bobbins dalam bahasa Inggris. Ini tempat  benang untuk benang jahitan bawah. Ada yang terbuat dari metal, ada yang dari plastik. Saya terbiasa pakai yang plastik. Nah di spul ini ada bolongan kecil (lihat yang saya kasih tanda panah). Kalau spul yang terbuat dari metal, bolongan kecilnya ada banyak, kalau spul plastik hanya dua.


Masukkan ujung benang dari dalam spul sampai keluar. (gambar dibawah, lihat tanda panah).



 Tarik benang ke "thread tension" seperti foto dibawah ini. Bentuknya seperti mur, nah benangnya dipasang putar (searah tanda panah), jadi benangnya nyangkut di mur itu.



Lalu masukkan spul ke tiang spul/bobbin winder. Dipaskan ya bagian yang saya kasih panah difoto bawah ini dengan yang di spul jadi nanti bisa "ngunci". Ngerti ya bahasa saya huehehe


Foto dibawah ini spul sudah masuk ke tiang pemutar spul/ bobbin winder.

Lalu geser spul ke kanan untuk ngunci si spul ini biar bisa mutar (lihat arah panah di foto). Bagian putih yang ada murnya sebelah kanan itu semacam penahan supaya kalau benangnya sudah tergulung penuh di spul, otomatis nanti stop sendiri.


kalau sudah terkunci, sebelah kanan ada bulatan (tanda panah). Namanya hand wheel, balance wheel atau bahasa Indonesianya roda imbang (agak aneh sih ya kedengarannya). Nah si hand wheel ini tarik ke kanan ke arah luar. Tenang aja nggak akan copot kok, asal nariknya penuh kelembutan :)
Kalau hand wheel ini ditarik, ketika pedal ditekan, spul akan mulai menggulung benang dan jarum tidak akan bergerak. Jadi jarum tidak akan merusak parts yang ada di dalam.


Kalau spool sudah penuh, otomatis nanti berhenti sendiri. Potong benang, siap deh dimasukkan ke dalam sekoci :)

Semoga informasinya bermanfaat.

BuDits

You Might Also Like

0 comments

Instagram

Subscribe